Pajak Mobil Baru Dihapus, Gini Hitungannya

20 February 2021

Keringanan sampai penghapusan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) mobil berlaku secara bertahap mulai 1 Maret 2021 melalui revisi Peraturan Menteri Keuangan (PMK). Pemerintah berupaya memberikan insentif kepada industri otomotif dalam negeri untuk membantu pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi Covid-19.

Meskipun demikian, insentif tidak diberikan ke seluruh produk otomotif. Ada kriteria mobil yang pajaknya dihapuskan secara bertahap, yakni, mobil dengan kubikasi mesin kurang dari 1.500 cc dan berpenggerak dua roda alias 4x2, termasuk sedan, mengingat kandungan lokal di dalamnya mencapai 70 persen.

Dengan adanya penetapan kebijakan ini, harga dari low cost green car (LCGC) atau mobil murah akan semakin terjangkau. Sementara, kendaraan keluarga 7-penumpang hanya sebagian, seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Mitsubishi Xpander, Nissan Livina, Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, dan Wuling Confero.

Rencananya, tahapan insentif akan berlangsung selama tiga kali dengan durasi setiap tahap berlangsung selama tiga bulan. Tahap pertama insentif PPnBM sebesar 100 persen dari tarif.

Penghapusan pajak yang diberikan merupakan 10 persen dari penggenaan PPnBM yang harusnya ada pada mobil. Melihat hal tersebut, banyak mobil di Indonesia yang kena dampak dari penghapusan PPnBM ini. Salah satunya adalah mobil low SUV.

Misalnya saja, mobil yang akan kena pemotongan harga adalah Toyota Rush. Low SUV dari Toyota ini memiliki harga awal Rp 257,7 juta untuk varian termurahnya. Jika kena pemotongan pajak PPnBM, maka harga Toyota Rush akan turun menjadi Rp 231,930 juta saja karena dikurangi 10 persen (artinya Rp 25,7 juta).

Pemerintah akan membebaskan dan memberi diskon pajak penjualan barang mewah (PPnBM) kendaraan bermotor selama sembilan bulan, mulai Maret 2021. Insentif ini terbagi jadi tiga tahap, yang setiap tahapnya berlaku selama tiga bulan.

Tahap pertama, pembebasan PPnBM atas pembelian kendaraan bermotor baru. Lalu tahap kedua, diberikan diskon insentif PPnBM 50%. Sedangkan di tahap ketiga, pemerintah memberikan diskon PPnBM 25% dari tarif.

Artikel otomotif lainnya
Sebelum Beli, Berikut Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik Yang Wajib Diketahui 
Inilah 10 Aksesoris Mobil yang Harus Anda Punya
Pengertian Coating Mobil dan Manfaatnya
Manfaat Menggunakan Karpet Mobil
Bagaimana Cara Balik Nama Mobil STNK & BPKB
Ini Jenis Karpet Mobil yang cocok buat mobil Anda
Ini Dia Cara Membersihkan Karpet Mie Mobil Dengan Baik Dan Benar
Manfaat Dari Pentingnya Kebersihan Karpet Mobil 
Tips Tepat Dari Cara Memilih Karpet Mobil Terbaik
Ternyata, Ini Pentingnya Ada Karpet Tambahan Buat Mobil Anda
Artikel terkait lainnya
Sebelum Beli, Berikut Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik Yang Wajib Diketahui 
Inilah 10 Aksesoris Mobil yang Harus Anda Punya
Pengertian Coating Mobil dan Manfaatnya