Bagaimana Cara Balik Nama Mobil STNK & BPKB

19 February 2021

Dalam membeli kendaraan bermotor ( termasuk mobil ) tentunya tidak semua orang memilih kendaraan yang baru dan tak sedikit pula masyarakat akhirnya memilih alternatif dengan membeli kendaraan bekas. Nah, tentu dalam membeli kendaraan bekas, tentunya akan ada surat – surat seperti STNK dan BPKB yang mana tentunya surat tersebut masih atas nama pemilik yang lama. Saat mengurus perpanjangan surat, tentunya akan sangat menyusahkan apabila Anda harus bolak – balik meminjam KTP sang pemilik lama bukan? Apalagi jika pemilik lamanya nyatanya merupakan orang lain yang tinggal jauh dengan Anda. Sepertinya, membalik nama STNK dan BPKB merupakan pilihan yang tepat dibandingkan harus bolak – balik mengatasnamakan kendaraan Anda dengan orang lain.

Lagipula, cara dan balik nama mobil STNK & BPKP pun tidaklah sulit. Kali ini, Saya ingin membahas mengenai cara dan balik nama mobil STNK & BPKB. Penasaran? Simak informasinya berikut ini yuk!

Dokumen yang Diperlukan

Sebelum membahas mengenai cara dan balik nama mobil & STNK, tentunya Anda harus menyiapkan terlebih dahulu beberapa dokumen yang diperlukan untuk pengajuan balik nama ini. Diantaranya adalah fotokopi KTP pemilik lama dan juga Anda sebagai pemilik baru, BPKB asli dan fotokopinya dari mobil yang dibaliknamakan, STNK asli dan fotokopinya, serta kuitansi atau tanda terima dari transaksi jual beli mobil bekas yang Anda lakukan dengan ditandatangani materai 10.000 rupiah kemudian ditandatangani juga bersamaan dengan berkas fotokopinya. Serta hasil cek fisik dari mobil Anda yang mana hasil cek ini bisa Anda dapatkan dari pihak SAMSAT. Jangan lupa juga untuk menyiapkan uang balik nama sekitar 2,5 juta untuk jaga – jaga, yang mana pembayaran total sudah termasuk untuk biaya STNK, TNKB, BPKB, Mutasi, pendaftaran, dan lain sebagainya.

Cara dan Balik Nama Mobil STNK & BPKB

Untuk bisa melakukan pengajuan balik nama, Anda bisa melakukannya di dua tempat. Yang pertama, Anda bisa melakukannya di Samsat yang disesuaikan dengan tempat mobil Anda terdaftar, dan bisa juga sesuai dengan tempat tinggal sesuai KTP Anda. Untuk waktunya mungkin menghabiskan sekitar 1 bulan dari waktu pengajuan balik nama.

Nah, untuk cara dan balik nama mobil STNK & BPKB adalah sebagai berikut :

· Mendatangi secretariat SAMSAT tempat mobil Anda terdaftar.

· Mengunjungi bagian loket untuk cek fisik. Nah, di bagian ini, pihak petugas akan melakukan pengecekan fisik terhadap mobil Anda yang mana mencakup juga bagian nomor rangka serta mesinnya. Kemudian, Anda harus mengisi suatu formulir dan diisi berdasarkan informasi yang ada di STNK mobil Anda.

· Kemudian, dokumen yang sudah Anda siapkan bisa langsung diserahkan bersamaan dengan formulir yang sudah Anda isi, kemudian petugas akan memberikan arsip yang memberikan dokumen lengkap mobil ANda.

· Selanjutnya, balik nama mobil bisa dilanjutkan untuk diajukan ke samsat tujuan Anda sesuai dengan KTP. Maka dari itu, Anda bisa langsung menuju Samsat tujuan Anda.

· Melakukan cek fisik kendaraan dimana pihak petugas samsat lagi – lagi akan kembali mengecek fisik mobil Anda. Dimana di saat yang bersamaan, Anda juga akan mengisi formulir seperti di samsat sebelumnya.

· Pengisian formulir nantinya akan diserahkan beserta dengan fotokopi KTP Anda serta pelunasan untuk biaya mutasi balik nama mobil.

· Kemudian, Anda bisa menyerahkan formulir beserta bukti pembelian mobil Anda dan membayarkan uang yang sesuai dengan biaya balik nama.

· Setelah mendapat bukti, Anda bisa menyimpan bukti pembayaran BPKB tersebut.

· Selanjutnya, Anda akan ke loket bagian STNK dan melakukan pembayaran juga sehingga jangan buang bukti pembayaran tersebut.

· Setelah itu, Anda diharuskan untuk kembali ke loket BPKB guna menyerahkan fotokopi STNK dan fotokopi pembayaran pajak STNK.

· Terakhir, Anda bisa serahkan fotokopi STNK dan membayar pajak ke loket plat nomor untuk mendapatkan nomor plat baru.

Artikel otomotif lainnya
Sebelum Beli, Berikut Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik Yang Wajib Diketahui 
Inilah 10 Aksesoris Mobil yang Harus Anda Punya
Pengertian Coating Mobil dan Manfaatnya
Manfaat Menggunakan Karpet Mobil
Pajak Mobil Baru Dihapus, Gini Hitungannya
Ini Jenis Karpet Mobil yang cocok buat mobil Anda
Ini Dia Cara Membersihkan Karpet Mie Mobil Dengan Baik Dan Benar
Manfaat Dari Pentingnya Kebersihan Karpet Mobil 
Tips Tepat Dari Cara Memilih Karpet Mobil Terbaik
Ternyata, Ini Pentingnya Ada Karpet Tambahan Buat Mobil Anda
Artikel terkait lainnya
Sebelum Beli, Berikut Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik Yang Wajib Diketahui 
Inilah 10 Aksesoris Mobil yang Harus Anda Punya
Pengertian Coating Mobil dan Manfaatnya